Pengembangan profesi tenaga pendidik pada dasarnya hanya akan
berhasil dengan baik apabila dampaknya dapat menumbuhkan sikap inovatif.
Sikap inovatif ini kan makin memperkuat kemampuan profesional tenaga
pendidik, untuk itu menurut Prof Idochi diperlukan tujuh pelajar guna
mendorong tenaga pendidik bersikaf inovatif serta dapat dan mau
melakukan inovasi, ketujuh pelajaran itu adalah sebagai berikut :
· Belajar kreatif
· Belajar seperti kupu-kupu
· Belajar keindahan dunia dan indahnya jadi pendidik
· Belajar mulai dari yang sederhana dan konkrit
· Belajar rotasi kehidupan
· Belajar koordinasi dengan orang profesional
· Belajar ke luar dengan kesatuan fikiran
Tujuh pelajaran sebagaimana dikemukakan di atas merupakan pelajaran
penting bagi tenaga pendidik dalam upaya mengembangkan diri sendiri
menjadi orang profesional. Dalam kaitan ini, ketujuh pelajaran tersebut
membentuk suatu keterpaduan dan saling terkait dalam membentuk tenaga
pendidik yang profesional dan inovatif.
Belajar kreatif adalah belajar dengan berbagai cara baru untuk
mendapatkan pengetahuan baru, belajar kreatif menuntut upaya-upaya untuk
terus mencari, dan dalam hal ini bercermin pada kupu-kupu amat
penting, mengingat kupu-kupu selalu peka dengan sari yang ada pada
bunga serta selalu berupaya untuk mencari dan menjangkaunya. Dengan
belajar yang demikian, maka sekaligus juga belajar tentang keindahan
dunia, dan bagian dari keindahan dunia ini adalah keindahaan indahnya
jadi pendidik. Pendidik adalah perancang masa depan siswa, dan sebagai
perancang yang profesional, maka tenaga pendidik menginginkan dan
berusaha untuk membentuk peserta didik lebih baik dan lebih berkualitas
dalam mengisi kehidupannya di masa depan.
Untukdapat melakukan hal tersebut di atas, maka tenaga pendidik perlu
memulainya dariyang kecil dan konkrit, dengan tetap berfikir besar.
Mulai dari yang kecil pada tataran mikro melalui pembelajaran di kelas,
maka guru sebagai tenaga pendidik sebenarnya sedang mengukir mas depan
manusia, masa depan bangsa, dan ini jelas akan menentukan kualitas
kehidupan manusia di masa yang akan datang. Dalam upaya tersebut
pendidik juga perlu menyadari bahwa dalam kehidupan selalu ada
perputaran atau rotasi, kesadaran ini dapat menumbuhkan semangat untuk
terus berupaya mencari berbagai kemungkanan untuk menjadikan rotasi
kehidupan itu sebagai suatu hikmah yang perlu disikapi dengan upaya yang
ebih baik dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik.
Dalam upaya untuk memperkuat ke profesionalan sebagai tenaga
pendidik, maka diperlukan upaya untuk selalu berhubungan dan
berkoordinasi dengan orang profesioanal dalam berbagai bidang, khususnya
profesional bidang pendidikan. Dengan cara ini maka pembaharuan
pengetahuan berkaitan dengan profesi pendidik akan terus terjaga melalui
komunikasi dengan orang profesional, belajar koordinasi ini juga akan
membawa pada tumbuhnya kesatuan fikiran dalam upaya untuk membengun
pendidikan guna mengejar ketinggalan serta meluruskan arah pendidikan
yang sesuai dengan nilai luhur bangsa.